Minggu, 11 Mei 2014

PILIH YANG MANA? KORAN ATAU INTERNET?

2 komentar

Assalamualaikum...

Kita terkadang bingung, sebenarnya media informasi yang baik untuk kita gunakan adalah media seperti apa? apakah media elektronik seperti TV atau mungkin media cetak seperti Koran ataukah media virtual yang baik untuk digunakan??? Itu semua adalah kebebasan kita untuk memilih namun kita sebaiknya menggunakan media secara bijak dan yang sesuai dengan kebutuhan kita saja. Jadi bagaimana dengan Internet? Apakah internet merupakan wadah informasi yang mendidik atau sebaliknya? Bagaimana pula dengan koran? Apakah koran dapat menyajikan informasi apa saja yang kita butuhkan? Baiklah bang bro dan mbak sis kita mulai saja menilainya!!!


INTERNET : memiliki banyak ilmu pendidikan tapi tidak terfilter
Internet merupakan media yang tidak terbatas tentang skala informasinya, edukasinya mencakup segala bidang spesialis dan segala kebutuhan informasi yang kita butuhkan dapat kita temukan dengan mengakses dan browsing di internet, tapi informasi tersebut sudah tidak terfilter dan tidak adanya kejelasan orang – orang yang akan bertanggung jawab atas informasi yang telah dipost, sehingga informasi yang telah dicerna oleh orang – orang efeknya harus di tanggung oleh mereka sendiri. Kompas online juga merupakan sumber berita yang terus mengup date informasi serta dipublish melalui media internet. Kompas juga mempertaruhkan nama media cetaknya yang sudah sejak dulu dikenal oleh masyarakat. Kelebihan kompas online adalah karena informasinya yang lebih cepat terupdate. Indonesia menciptakan undang – undang informatika yang berisi aturan – aturan dan batasan – batasan didalam menggunakan jasa internet. Namun karena internet merupakan media yang sangat mudah digunakan dimana saja dan oleh siapa saja sehingga undang –undang tersebut belum cukup mampu menertibkan dan mencegah penyalahgunaan media tersebut. Jadi kebijasanaan dari diri sendiri adalah cara terbaik dalam membuat internet menjadi wadah pendidikan.

KORAN : media cetak yang berisi informasi yang di pertanggung jawabkan
Koran merupakan media cetak yang didalamnya berisi kumpulan informasi serta berita yang telah di filter atau dipilah – pilah mengenai informasi apa saja yang harus dan tidak harus publikasikan. Karena koran merupakan suatu produk dari suatu instansi, sehingga membuat informasi yang dicetak kedalamnya harus di pertanggung jawabkan instansi yang bersangkutan. Informasi yang akan di terbitkan harus melewati beberapa tahap untuk mendapatkan persetujuan apakah informasi tersebut dapat dan pantas di publikasikan atau tidak. Jadi dengan kata lain, koran bertujuan mendidik dan merupakan media yang memiliki penanggung jawab yang jelas atas informasinya.
Dulu kita bersifat sangat High konteks karena keterbatasan media, namun sekarang kita menjadi Low Konteks karena kita yang sekarang bersifat Openest. 

Jadi bagaimana? bang bro serta mbak sis pilih media mana yang lebih baik?

2 Buah Komentar Untuk Post!

  1. Openest gak ada artinya.. Bahasa gaul pun gak ada tuh

  2. Ia,,, Trima Kasih Atas Kunjungannya!

Berikan Komentar Anda!

CARI POST